Sebenarnya ane ini dapat tantangan ke Sumatera dari teman kuliah ane Ricand, dia non bisser tapi malah dia ngasih tantangan ane untuk menjelajah bumi Andalas. Tantangan tersebut dia berikan sekitar bulan Oktober 2015 (tanggal ane lupa). Oke dah tantangan ane ambil, tapi waktu itu ane belum tau tujuan ke Andalas kemana, tanya kesana kemari mulai dari Lampung, Pagaralam, Palembang, Jambi, Padang, Bukittinggi hingga Aceh serta destinasi wisata yang ada di masing-masing kota atau provinsi tersebut. Nahhh mulai dari Oktober 2015 hingga Januari 2016 ane terus nabung, nabung duik dari mana ?? Enggak usah kepoo, mahasiswa banyak akalnya gan, hehe. Oke mulai dari Lampung, ane kurang tertarik dengan provinsi ini, karena apa ?? Karena terlalu dekat dengan Jawa serta situasinya yang tidak begitu kondusif kalau malam hari. Pindah ke Pagaralam, ane juga kurang tertarik dengan kota ini, karena posisinya yang agak jauh serta akomodasinya itu-itu saja. Terakhir Palembang, kata Ardik disana beusnya sepi serta banyak bajing loncatnya kalau malam hari, serta wisata yang ditawarkan begitu sedikit. Jambi, ane tidak kepikiran kesana. Terakhir Sumatera Barat, yap di provinsi ini dihampir setiap kota banyak terdapat tempat wisata serta akomodasi yang mudah. Keputusan sudah bulat, ane harus pergi ke Sumatera Barat (tujuan waktu itu hanya ke Padang, Bukittinggi, Tanah Datar, dan Payakumbuh).
Mulai dah ane nanya2 tentang group penggemar bis di Sumbar, ketemu lah MBHC. Satu persatu ane tambah jadi teman dan satu persatu pula ane tanyain tentang daerah Sumbar. Mulai dari ketua nya pak Arief sampai ke yang lain. Dari Bukittinggi ane terus-menerus merepotkan om Rafli karena hampir tiap hari tanya-tanya sama dia, mulai dari ANS hingga ke akomodasi engkel yang ada di Bukittinggi, kebetulan juga dapet temen Kevin. Dulu sempet nanya-nanya sama dia, nah kebetulan seminggu sebelum Ramadhan 1437 dia chat ane katanya lagi di Jogja mau daftar kuliah. Malemnya chat besoknya ngajak ketemuan karena dia minta anterin daftar ke kampus, singkat cerita lagi akhirnya dia ngajak muter-muter hunting, yaudah pertama ane ajak muter-muter tuh terminal penumpang Yogyakarta alias Giwangan, abis dari Giwangan masuk ke kota hunting dan pulangnya mampir SPBU langganan ane hunting pagi :D :D Singkat cerita ane dapat kompor dari salah satu Bisser asal Riau yakni bg Gultom. Dia bilang mampir Pekanbaru lah nanti hunting di Minas, waktu itu ane iya in aja. Lantas ane nanya-nanya dah tentang Pekanbaru. Baru lah ane menyusun Trayek Turing, hehehe. Trayek pertama yang ane buat sih Kendal-Jakarta-Padang-Bukittinggi-Pekanbaru-Lintas Timur-Jakarta-Kendal. Namun lambat laun ane mikir lagi "Koyone nek mung Sumbar-Pku mah nanggung", oke lantas nyari-nyari lagi ane bisser Medan-Aceh. Ketemu lah sama bg Oky, kebetulan bg Oky ini bisa bahasa Jawa. Setelah kenalan hampir tiap hari kita chat, akhirnya bosan kan lewat fb akhirnya dia minta pin bbm ane (ane masih inget betul waktu itu, wkwk). Hampir tiap hari kita bbm-an, semua topik habis dibahas gan, wkwk. Untuk Aceh kebetulan ane udah berteman sama bg Ery entah sedjak kapan. Dan ane juga terus tanya-tanya sama bg Ery mulai dari bis Medan-Aceh hingga akomodasi nyebrang ke Sabang gan (tujuan ane nyebrang mau ke 0 KM Indonesia, rugilah sudah sampai Banda Aceh gak nyebrang wong udah deket juga).
Tak terasa waktu terus berjalan gan, dan ane terus menerus dapet bully dan dibilang bla bla bla, katanya kebanyakan gaya, kebanyakan omong dan lain-lain. Oke ane terima aja, wong nantinya kan ane yang berangkat bukan mereka-mereka yang sibuk dengan urusan ane. Ane jadiin motivasi omongan-omongan mereka. Dan tak terasa pula gan banyak beus-beus Sumatera dengan sokongan chasis yang mewah dengan kelas tergolong biasa saja dengan tarif murah. Puncaknya Desember 2016 dimana Makmur Group merilis banyak armada sekaligus, dahulu ada rencana naik Putra Pelangi Perkasa 7543 batangan tulang Baho. Akan tetapi melihat gebrakan yang dilakukan pihak Makmur ane jadi lari ke Makmur. Penawaran yang dilakukan sangat-sangat menggiurkan dimana chasis 2542 (tronton gan) dengan harga tiket Rp 230.000 udah bisa naik dari Medan ke Pekanbaru atau sebaliknya dengan sekali jalan. Singkat cerita kamera ane tanggal 2 Januari rusak gan bagian on/off nya, balik ke kos langsung searching tempat service kamera dekat kampus, kebetulan nemu di Kasihan, cap cuss otw masukin kamera, masnya bilang seminggu jadilah, hari kamis mas nya saya sms nanti sabtu suruh sms lagi, yaudah ane nungguin sampe sabtu dari selasa tanpa kamera, hampa rasanya gk bisa hunting kesana kemari, singkat cerita sabtu siang kamera sudah bisa diambil, langsung otw tempat service dan ambil kamera, dan anehnya ane, ane gk ngecek ulang bayar ambil balik, ternyata pas hari minggu sore ane cek dirumah (ane mudik minggu pagi karena ngejar jam) ternyata hasil potretan kamera kebalik, yaudah ane juga udah mudik gk mungkin balik lagi ke Jogja, lagian hari semakin mendekati tanggal berangkat ke Sumatera.
Pas tanggal berapa dan bulan apa ane lupa, ane tambah pertemanan sama master Yogie, dia master Rawamangun-Poris dan sekitarnya gan. Kebetulan juga Rawamangun kan udah gak boleh naik turun beus-beus dari Jawa, ane bingung sedangkan ane naik Pumas turun Pulgeb, nanya-nanya lah ane sama master Yogie ini. Kata dia ada feeder (beus pengumpan) dari Pulogebang ke Pulogadung namun via Rawamangun, berarti pikiran ane kan aman?? Ehhh nanti dulu gan, ternyata belum, kata ter Yogie bisa bayar tunai dan beberapa sumber lain menyebutkan harus pakai kartu, nah disini ane mulai bingung. Nanya mbah Tomo juga bilang dulu bisa tunai sekarang kayaknya pakai kartu, yaudah liat besok aja pikiran ane begitu.
Ini gan rute feedernya Pulegabng-Pulogadung via Rawamangun
Udah lah ya gan langsung masuk ke bagian cerita aja, ane juga males ngetik bagian ini, dan tentunya aagan-agan semua malas baca ini kan ?? Hehehe.................
Bersambung ke Part I gan.................
Part I
Masuk part I nih gan gantar, singkat cerita nih gan, udah berganti minggu dan udah masuk tanggal 9 Januari, dan ane belom persiapan, beli tiket belum, apalagi packing. Nah tanggal 9 siang ane WA lah uni Novi loket A.N.S terminal Rawamangun. Tanya-tanya tentang seat katanya seat depan 1-2 udah penuh dari Bandung, seat 3-4 udah dibooking lama sama langganan A.N.S yang naik dari pool Pemuda, karena adanya bangku nomor 9 yaudah ane ambil aja dari pada gk berangkat, ya kan ?? Ane pesan kemudian uang ongkos ane transfer lewat ATM, singkat cerita tiket buat ke Sumbar dari Jakarta sudah aman tinggal dari Kendal ke Jakartanya gan ane belum dapat tiket. Tanya kesana kemari, tanya Rio katanya bisa sarkawi beusnya, tetapi belum jelas Jumat tanggal 13 Januari 2017 berangkat dari mana, kemudian nanya Bayu katanya Gunung Mulia AC VIP 2-2 tiket Rp 160.000 bisa naik dari RM Sari Rasa, tetapi ane kurang yakin dengan jawaban Bayu, terakhir Sugito bilang beus dengan julukan B*l*l* bisa disarkawi, ane suruh naik dari RM Sari Rasa. Lagi-lagi ane kurang yakin dengan omongannya. Kepentok pas nanya di Putera Mulya Mania katanya bisa naik dari RM Raos Eco yaudah pesan dah tiket Pumas dari Kartosuro lewat WA. Pesan dan pelunasan via transfer padahal hari kamis 12 januari tapi masih dapat seat 3A Marvelous!!! Aman, pikiran ane dari Kendal hingga Sumbar tiket udah lunas nas nas. Kamis 12 Januari mulai packing lah ane, yang bawa ya cuma baju, celana, dan pesanan bg Oky dan lainnya. Kebiasaan packing gk kelar, yaudah dilanjut abis solat Jumat aja packingnya. Singkat cerita pukul 13.30 packing kelar, ane siap-siap berangkat ke RM Raos Eco.
Sekitar pukul 14 lebih ane berangkat diantar bapak ane, karena sekalian nganter adik ane, yaudah ane terima aja dari pada gak jadi berangkat karena gak ada yang nganter sampai Sri Agung Cepiring. Mampir Indomart bentar karena ada yang kelupaan. pukul 15.30 sampailah ane di RM Raos Eco. Sambil nunggu P-011 dateng ane ngobrol-ngobrol sama satpam shift pagi waktu itu (ane lupa namanya, masih muda orangnya). Katanya pas DD Pumas dibawa ke Jakarta ada mania yang rela mengejar itu beus dari Kendal Kota hingga RM Raos Eco, katanya sih anak Ngampel (ane gk tau namanya klo orang baru, kebanyakan mania baru di Kendal, kalau orang-orang lama ane kenal semua). Sambil ngobrol dan nunggu P-011 ane sempatkan hunting dulu, yaa mayoritas memang truck-truck saja yang lewat karena sudah sore dan beus2 tujuan Kudus-Jepara berangkat pagi dari Jakarta udah pada lewat.
Kebetulan dari jauh melihat sesosok yang unik, mau ngeluarin kamera juga gak sampai, yaudah potret aja pake hp, entah itu truck apaan ane gk tau.
Kebetulan yang menarik ya rombongan truck-truck Polisi sokongan Isuzu NMR 71 ini.
Melintas truck cakep asal Tapal Kuda (truck asal Lumajang karena letter P **** *Y).
Kalau gak salah satu-satunya Sari Giri yang berangkat dari Wonogiri, pukul 16.45 masuk RM Raos Eco.
Sari Giri manufer akan meninggalkan RM Raos Eco dengan membawa penumpang langganannya.
Pukul 17.14 Sari Giri meninggalkan RM Raos Eco menuju ibukota/Jakarta.
Tak lama setelah Sari Giri meninggalkan Raos Eco, masuklah Putera Mulya yang pertama pukul 17.30, ane gk tau itu P berapa karena ane cuma fokus nungguin P-011 dan ransel ane aja.
Pukul 17.41 masuk lah P-002 ini, ane gk tau ini jurusan mana, karena lagi-lagi ane hanya fokus nunggu P-002 dan ransel ane.
Pukul 17.44 masuklah P-007, ane was-was dimana P-011 kog gak masuk-masuk, padahal udah jam segini, pas tadi sms kernetnya mas Joko bilang sekitar jam 17 an lebih dikit, tapi sampe jam 17.45 belum masuk juga, ane berpikiran, alah paling iki Semarang macet lajon mingguan podo mulih.
Tapi tak lama dan masih pukul 17.44 juga P-011 yang akan membawa ane ke Jakarta (Pulogebang) masuk juga, langsung pamitan sama pak satpam yang ramah dan menuju beus mencari mas Joko yang membawa Tiket ane, dia bilang snacknya nanti ya, ane jawab tiket e sik wae mas, setelah naruh ransel di dalam bus, ane langsung capcus masuk ke RM buat makan, udah laper bos :v sebenernya dirumah juga udah makan tapi kan laper lagi, hehehehe,.
Setelah sobek tiket makan, ambil nasi lauk ayam (pas kebetulan liat paha, ambil dah), sayur oseng kacang panjang dan tempe serta sayur asam, tak lupa teh hangat. Walau prasmanan tapi ane ambil porsi wajar soalnya ini berangkat aja perjalanan masih jauh, takut mules :v hehe.
Abis makan dll lanjut keluar buat hunting bentar mumpung masih rada terang, hehe,. bentar doang abis itu masuk ke beus untuk charger HP sebelum penumpang sebelah ane naik.
Tampak samping depan (3D) dari P-011 sokongan 1836 Maxibas XHD dari Laksana yang katanya body khusus untuk Putera Mulya.
Longgar banget gan, untuk postur tubuh seukuran ane segini mah udah oke lah, ada foot rest nya pula, Vip rasa Exe lah, hehe.
Pukul 18.30 P-011 berangkat duluan meninggalkan Celsius 1526, P-002, dan P-007, pukul 18.32 ane dikasih snack, sekelas Vip Pumas masih dapat snack, makan prasmanan, ada foot rest tiket cuma RP 160.000, bikin gw ketagihan lah, boleh dijadiin langganan nantinya, hehe.
Pukul 18.32 masuk jalur lama Alas Roban (jalur khusus mobil kecil). Tau kan sama yang namanya Alas Roban ?? Kalau belum tau ya silahkan googling sendiri gan. Pukul 18.35 masuk daerah Timbang. Mana itu Timbang ?? Timbang daerah setelah pintu keluar jalur baru alas roban. Tepatnya sih disisi kanan (arah Jakarta) terdapat banyak pedagang buah pisang khas Batang (pisang besar nan panjang itu lohh). Didaerah Timbang ini lalu lintas padat oleh truck-truck besar, karena memang daerahnya agak menanjak tetapi tanjakan agak panjang. P-011 tetap mencari celah diantara padatnya truck-truck yang sedang mendaki tanjakan Timbang.
Pukul 18.41 lewat depan RM Manis Jaya. masih sama kondisi lalu lintas saat itu didominasi truck-truck besar. Biasalah alas roban kalau jam segitu memang rame-ramenya truck-truck melintas arah ke Jakarta.
Pukul 18.45 lewat depan terminal Banyuputih. Disini saya ingat seseorang yang jika anda belok kiri kearah Selatan menuju Limpung, yap tempat tinggal kakak beradik yang sekarang terpisah. Kakak beradik tersebut pernah terlibat tragedi yang hebat di tahun 2013 silam di pintu masuk terminal Mangkang saat arus mudik Lebaran Idul Fitri. Yang satu masih di Medono, Limpung. Yang satu sudah pergi ke Surabaya melanjutkan studinya. Hehehe.
Pukul 18.48 masuk daerah Wuni. Daerah ini terdapat banyak tempat karaoke. Mirip2 daerah Subang kan?? Yaaa sekarang kalian mungkin sudah lupa karena beus-beus malam sudah lewat Cipali. Dulu pemandangan di Subang saat naik beus malam menjadi kenikmatan tersendiri gan. hehe.
Pukul 18.52 lewat depan Pasar Subah. Ane lupa jam berapa tadi mulai masuk kecamatan Subah. Yang pasti tau2 udah masuk daerah Wuni tadi pukul 18.48. Di kecamatan ini saya ingat akan seseorang kawan ane anak bisser juga yang pernah ikut turing ke Jatim Juni 2014 silam.
Pukul 18.56 masuk daerah Pucungkerep, masih kecamatan Subah juga. Disini konon katanya jika ada truck muatan makanan laka maka warga sekitar sebagian akan menjarahnya. Dan itu sudah menjadi kebiasaan (Kata kawan ane yang rumahnya Sengon begitu sih) hehe.
Pukul 18.58 masuk daerah Sengon. Yap disini kawan ane itu tinggal. Namanya Haris sama adiknya yang tinggal di Limpung (Fian anak Medono) biasa dipanggil Beruang Subah :D :D udah biasa lah mereka kayak begitu. Namanya juga kakak adik.
Pukul 19.03 ternyata udah masuk daerah Tulis. Tepatnya lewat depan Koramil Tulis. Kalau ingat daerah ini ane teringat akan beberapa bisser dari beberapa kabupaten disekitar Batang yang pernah mengejar rilisan Halmahera dari Adi Putro desember silam. Wkwkwkwk....
Pukul 19.08 masuk daerah Gondangan. Disini P-011 tetep dipacu santai namun agak ngeblong tapi dikit lah. Dan tidak ada lawan beus malam sama sekali (ya iyalah beus dari Kudus-Jepara belum masuk Rumah Makan masing2. dan beus-beus dari Madura sebagian sudah masuk Rumah Makannya masing2, kalau beus dari Wonogiri sendiri udah beda sistem, ada yang udah duluan didepan (Agra Mas) ada juga yang masih dibelakang bahkan maish di Rumah Makan).
Pukul 19.14 lewat depan SMK Kandeman. Yap dimana si Beruang Subah ini dulu menuntaskan studinya. Ane masih ingat dia pernah bercerita juga kalau berangkat naiknya Sahabat "Bismillah" atau "Termuda". wkwkwkwkw.
Pukul 19.17 sudah masuk daerah Sambong, Batang. Berarti sudah masuk Kota Batang dan sebentar lagi akan masuk Kota Pekalongan (kota dimana Amin dan mas Danu tinggal).
Pukul 19.18 lewat depan pasar Batang. Lewat sini sudah mulai kress dengan P-012 dan beus-beus malam tujuan Wonogiri lainnya macam Agra Mas, Haryanto, Laju Prima, Dll.
Pukul 19.21 lewat Sendang Sari, Batang. yap masih diseputaran kota Batang. Masih sama belum ada lawan beus malam. Tetapi malah kress dengan beus-beus malam arah ke Wonogiri dan sekitarnya.
Pukul 19.24 lewat depan terminal Baros Pekalongan. Disisi timur pintu keluar masih ada Sahabat AC rombakan yang masih ngetem dengan 6 penumpang. Ane heran, jam segitu masih ada Sahabat ke Semarang ternyata. Tapi terserah kalian kalau mau ke Semarang mau naik Sahabat AC dengan fasilistas segitu dan bla bla bla. Atau mau naik Coyo Patas (kalau ane sih mending ikut Coyo Patas walau beusnya kayak gitu, tarif sudah pasti Patas 40 dapat Karcis, keamanan terjamin).
Pukul 19.24 lewat daerah Sutomo Kalibanger Pekalongan. Disini ane lupa-lupa ingat perempatan yang akan arah ke Warungasem (garasi Muda Perkasa, dulu sering kesana tahun 2013 silam) dan pertigaan arah garasi Bonanza (ane juga dulu pernah maen kesana, yaa walaupun cuma garasi bumel namun cukup bersejarah).
Pukul 19.34 lewat sebelum perempatan Ponolawen. Disini diblong kiri oleh Pahala Kencana (kayaknya sih W-Series, tapi ane gak tau W berapa waktu itu) dan diblong juga oleh Dewi Sri sutiker kaca belakang "Respect SR-1". Tetapi Dewi Sri bablas lurus (mungkin naikan penumpang di agen) dan Pahala Kencana serta Putera Mulya yang ane naiki belok kanan yang nantinya lewat depan stasiun Pekalongan.
Pukul 19.41 masuk gerbang Kabupaten Pekalongan. Yapppp Pekalongan terbagi menjadi dua administrasi. Kota dan Kabupaten yang masing-masing mempunyai keunggulan atas wilayahnya.
Pukul 19.44 lewat depan IBC. IBC ?? Yaaa IBC, International Batik Center tempat wisata belanja batik dan belanja batik serta edukasi tentang batik yang berada di Wiradesa, kabupaten Pekalongan.
Pukul 19.49 lewat jembatan Comal. Yaaa dimana jembatan ini pernah menggemparkan masyarakat di tahun 2014 silam. Karena menjalang lebaran malah ambrol. Dimana beus-beus yang kejar tayang mengangkut pemudik hingga beus-beus bumel lokalan pun bekerja extra mencari jalan lain.
Pukul 19.52 masuk daerah Siwalan. Masih sama belum ada lawan dari beus malam ini P-011 cuma jalan santai sama truck-truck arah Jakarta sadja.
Pukul 20.00 masuk daerah Blandong, mungkin masih daerah Comal juga atau sudah masuk kabupaten Pemalang ane gak tau gan.
Pukul 20.07 masuk daerah Ampel Gading dan ane juga gak tau ini masih Comal atau sudah masuk kabupaten Pemalang.
Pukul 20.13 masuk daerah Petarukan, kalau daerah ini ane udah tau, udah masuk kabupaten Pemalang. Masih ingat tragedi tabrakan kereta api beberapa tahun silam?? Pokoknya waktu itu ane masih SMP kalau tidak salah.
Pukul 20.16 masuk daerah Gandulan, dimana disini spot hunting master Dion dan kawan-kawannya. Mungkin tempat setia mereka menunggu beus rilisan dari karoseri juga.
Pukul 20.18 sudah masuk lingkar Pemalang. Ane udah lama gk lewat sini ternyata jalannya sudah banyak yang lebar (sudah 4 lajur, 2 ke Jakarta, 2 ke Semarang) akan tetapi tiba-tiba diblong kanan oleh Agra Mas BM 024 dan Setia Negara body Discovery dibawah bendera Manohara (khusus beus malam). Ane heran driver P-011 ini tidak ada nafsu untuk mengejar keduanya. Bahkan malah jalan santai sadja.
Pukul 20.22 lewat depan terminal Pemalang dan Manohara tadi berhenti (entah berhenti ngapain, kontrol atau naikkan penumpang ane gk tau). Tetapi BM 024 tetap ngacirrrr aja, lagi-lagi P-011 gak bernafsu untuk mengejar BM 024 tersebut (alah luweh nk alon kan mlebune Jakarta rodo awan titik, batin ane waktu itu gan).
Pukul 20.28 lewat lampu merah pantai Widuri. Tau kan pantai Widuri?? itu lohh pantai yang terletak di desa Widuri dan katanya menarik untuk dikunjungi. Ane juga kagak pernah kesana kog gan, :v wkwkwk.
Pukul 20.32 didaerah Panjatan malah diblong kiri oleh Pumas P-007 yang berangkat dari Raos Eco jauh dibelakang P-011. Banter yak P-007?? Ane gak tau lah gan, hehe.
Pukul 20.36 lewat depan rumah makan Sampurna, Babadan. Berarti udah masuk Tegal nih (batin ane sih gitu gan, tapi Tegal kota masih jau). ehehee..
Pukul 20.40 lewat daerah Suradadi, dimana daerah ini sering terjadi laka lantas terutama truck dan beus besar. Ane juga gak tau lah gan kenapa daerah ini sering terjadi laka. Karena wingit banyak penunggunya?? Nah kembali lagi penunggu tersebut kan ciptaan Allah,.
Pukul 20.44 masuk daerah Purwahamba, masih sama didominasi truck-truck besar arah Jakarta, sedangkan beus cuma beus lokalan macam Dedy Jaya body Tri Sakti titan AC tanpa pilar sokongan Hino AK berhasil diblong kiri oleh P-011.
Pukul 20.52 masuk daerah Kramat, Tegal. Masih sama sih gan didominasi truck-truck besar dan sebagian beus-beus lokalan yang sedang berhenti.
Pukul 20.58 masuk daerah Dampyak, Tegal juga. Tapi belum masuk Tegal kota lohhh ya. Tegal kota mah bentar lagi masuknya.
Pukul 21.00 masuk Tegal Kota. setelah Resor Tegal Kota pas sebelum lampu merah diblong kiri sama Sinar Jaya body Jetbas non HD (kayaknya beus lokalan eksekutif Pekalongan-Jakarta).
Pukul 21,07 lewat depan Pacific Mall Tegal. Biasanya disini ane persiapan mau turun terminal Tegal jika turing kesini, Dulu waktu SMA kelas 1-2 sering ke Tegal hanya untuk beli tahu Tegal (tahu aci) abis itu balik lagi ke Kendal naik Patas Nusantara (waktu itu masih baru2nya JetbasHD dan selalu dapat aqua (bukan aqua tapi Prima) Botol tanggung.
Pukul 21.10 melintas depan terminal Tegal. Kangen juga ane sebenarnya sama ini terminal. Dahulu pas Class Meeting SMA kelas 1 sering pergi ke Terminal ini buat ngabisin uang :v wkwkwk.
Pukul 21.14 udah masuk gerbang Kabupaten Brebes. Ane sempet kesel udah sampe Brebes belum bisa tidur juga. Biasanya baru naik beus 10 menit udah langsung tidur, ini udah beberapa jam kagak tidur-tidur.
Pukul 21.16 masuk Tol Brexit yahhhh Tol yang pernah mengemparkan Indonesia ini karena macet total saat arus mudik lebaran kemaren. Terus menyusuri Tol Brebes ini ane juga belum bisa tidur -_________-. Diluar kebiasaan ane ini gan. Yaudah ane aktifin hp ane, ada chat masuk dari master Bogor Habib dia nanya kayanya ane besok otw Padang sama Ibnu. Master Habib ini mau nyamperin ke Rawamangun sekalian bawain paket nya Ibnu.
Pukul 21.37 malah diblong kiri oleh P-002 di Pejagan KM 243 900, yang berangkat dari Raos Eco jauh dibelakang P-011 ini. P-011 juga tidak ada nafsu untuk kembali mengejar P-011. Malah jalan santai (gk liat speedo, ane duduk diseat 3A).
Pukul 22.02 Mertapada disini sempat ngeblong "Keong Cipali" 3 unit. Setelah ngeblong ehhh ada lagi 3 unit yang sedang berhenti dibahu jalan (entah ada yang bermasalah atau apa ane kagak tau gan).
Pukul 22.06 Kanci gak ada pemandangan sama sekali, isinya cuma keong cipali dari Wangon, Bumiayu, Bobotsari, Cilacap, Dll lah.
Pukul 22.16 Ciperna. Pukul 22.23 Plumbon. Pukul 22.29 Palimanan. Nahhhh di Palimanan sempet berhenti, entah ngapain. Dan setelah berangkat lagi ane uda bisa tidurrr zzzzzzzzzzzzzz. Ya tidur walau cuma sejam gan lumayan.
Pukul 23.30 ane kebangun, soalnya P-011 dan lainnya berhenti nyolar di KM 102 daerah Kalijati, Subang ini. Udah dah ane gak bakalan bisa tidur sampe Jakarta nanti (batin ane sih gitu).
Pukul 23.34 Kalijati. Pukul 23.59 masuk Cikopo dimana habislah tol Cipali ini selanjutnya masuk tol Jakarta-Cikampek (kalau gak salah gitu gan).
Pukul 00.42 melintas depan SPBU KM 19. Tapi kog tumben yak gk ada mania yang hunting disitu ?? Katanya sih katnya disitu biasanya banyak mania yang hunting. wkwkwkwkwkw.
Pukul 00.45 keluar Gt Bekasi Timur ada yang turun setelah GT BekTim. Dan tidak masuk tol lagi karena Bulak Kapal ada yang turun.
Pukul 00.47 masuk Bulak Kapal. Beberapa penumpang turun disini. dihalte depan ruko apaan ane lupa gan. wkwkwkwk. banyak lupa nya ya ane ?? Udah biasa manusia.
Pukul 01.02 masuk Tol Cikunir. Kembali masuk Tol, penumpang yang turun Pulogebang disuruh persiapan, ada 2 yang turun termasuk ane. hehehe.
Pukul 01.15 (kalo gak salah sih ane masuk Pulogebang dan turun dari P-011, tidak lupa mengucapkan terima kasih kepada pak driver (gk kenalan ane jadi gk tau namanya, dan mas Joko udah ngacir duluan ke tempat dishub buat laporan trayek mungkin).
P-011 yang mengantarkan ane dari RM Raos Eco ke terminal terpadu Pulogebang
Mas Joko abis laporan pada dishub Pulogebang mungkin, soalnya kayak bawa buku Trayek Dll gitu gan.
Suasana ruang tunggu penurunan penumpang dari beus-beus asal Jateng-Jatim gan. Ada AC dan CCTV nya juga.
Yang bikin ane betah ruang tunggu penurunan ada sofa nya gan, empuk pula, boleh tidur dimari asal posisi duduk, kalo tiduran pasti disemprit mas2 dishub dah (pas ane baru sampai ada yang tiduran gk lama dibangunin sama mas2 dishubnya).
Ada Tipinya juga gan, bisa nonton tipi, ada fasilitas trolly dan kursi roda GRATIS gan buat agan-agan yang kebetulan bawa barang banyak atau pas ada yang sakit bisa dipakai tapi tidak boleh dibawa balik ya gan.
Pas pukul 03.30 Pumas DD 02 masuk Pulogebang, ane titip ransel ke penumpang yang disebelah ane pas disofa, ane kaluar buat motret DD ini bentar,..
DD 02 tampak depan, karena posisi gelap jadi ya akhirnya hasil seadanya sadja gan. hehehe..
Pas DD 02 udah mau meninggalkan terminal penurunan, kelihatan P-020 udah mulai meninggalkan terminal dan lanjut ke Ciputat-Lebak Bulus. Cepat2 ane telpon si Ibnu posisi dia dimana, ane bilang duduk di sofa sambil melambaikan tangan, akhirnya dia masuk dan ikut2an duduk di sofa.
Waktu masih menunjukkan pukul 04.00 tapi si Ibnu udah gk sabaran ngajak ke Rawamangun, ane bilang mau ngapain masih gelap pula. Lagian feeder juga belom beroperasi (feeder mulai jam 05.00 ya gan).Yaudah ane suruh tidur dulu dia, sambil charger hp nya, ane tinggal muter2 terminal selepas subuh. jam 05.00 ane kembali nyamperin Ibnu ke sofa ruang tunggu penurunan tadi.
Denah Lantai 1 terminal terpadu Pulogebang gan. Owhhh iya terminal Pulogebang ini kalau mau pergi ke bagian lain harus turun ke lantai 1 dulu gan, gak boleh asal nyebrang ke terminal pemberangkatan maupun terminal beus kota, nanti kalau ketahuan mas2 dishub agan-agan pasti disemprit suruh jalan sesuai denah.
Nahhhh ini denah lantai 2 gan, tiap lantai pasti ada denahnya masing2. Dan agan-agan gk perlu bingung nanti kalo capek bagaimana, di Pulogebang ada fasilitas lift dan eskalator, serta tangga biasa, tergantung agan-agan sukanya naik yang mana, hehe.
Daftar angkutan dalam kota yang berangkat dari terminal Pulogebang gan. Mulai dari angkot, metormini, feeder, hingga busway scania ada gan.
Daftar angkutan kota serta jalan-jalan yang dilalui angkot/beus kota dari terminal terpadu Pulogebang gan. Bila pengen naik angkutan umum sih. hehehe.
Dijaman modern ini, tentu kebutuhan akan medsos agan-agan banyak, dan pasti menyita daya baterai smartphone agan-agan. Di terminal terpadu Pulogebang disedian tempat charger HP GRATIS buat agan-agan semuanya. Bisa diawasi agan-agan sendiri. Dan daya listriknya besar jadi baterai agan-agan cepat penuh.
Terminal terpadu Pulogebang dalam bentuk apaan kayak gini gan?? Ane gak tau soalnya, yaudah bilang aja miniatur gitu ya, wkwkwk
Pagi itu sambil nunggu terang benderang ane keluar menuju penurunan penumpang sambil hunting tapi apa daya shelter pemberangkatan pagi itu isinya Sinar Jaya Group semua, ane udah muter-muter itu terminal pemberangkatan tapi hasilnya sama, Sinar semua yang parkir gan. hehe..
Ibnu pun ikut2an keluar untuk hunting, tapi kita beda posisi, Ibnu dipinggir yang jalan tol kelihatan ane tetep di penurunan penumpang (males jalan jauh sih gan ane, wkwkwk). Yaudah jam 05.30 akhirnya kita cabut ke terminal beus kota untuk naik feeder. Pas sampai loket busway ane nanya "mbak kalau feeder harus pake kartu apa bisa tunai kalau dari sini", mbaknya menjawab "Wahhh enggak tau saya pak" (pak?? ane dipanggil bapak lagi gan kayak di Indom*rt aja yak). Yaudah ane turun lagi ke terminal beus kota tanya2 sama petugas trans Jakarta yang bertugas dilapangan katanya harus pake kartu, yaudah bilang terima kasih trus nyamperin Ibnu yang duduk di terminal angkot, akhirnya rundingan, dia ngeyel mau naik angkot, ane mah ogah, ane udah bilang, akhirnya dia ane paksa lagi ke tempat reservasi trans Jakarta, akhirnya ane beli kartu seharga Rp 40.00 dengan saldo Rp 20.000, ane beli yang bisa buat belanja di Indom*rt dan bisa buat bayar GTO serta bisa buat naik KRL sekalian gan, karena ane berpikiran ntar baliknya ane kan ke Rawamangun lagi dan harus naik feeder lagi, lagian bisa buat ane masuk tol ke GTO bukan ke Tunai lagi,,....
Habis beli kartu lanjut masuk, nah kartu harus ditempel biar pagarnya kebuka, tapi ane kagak bisa makenya gan, kebuka kagak malah bingung sendiri, trus akhirnya dibantuin mbaknya tadi (dasare wong ndeso ratau sobo kuto gan, hadehhhhh). Yaudah ane nanya ke mas2 bagian feeder (kebetulan dia feeder 11C Pulogebang-Pulogadung via Rawamangun) ane nanya "mas bisa turun terminal Rawamangun??",, kemudian masnya menjawab "owhh bisa mas, silahkan naik yang depan",, (ane udah tau gan kalo yang belakang itu feeder yang via PIK (perkampungan Industri Kecil), yaudah naik duduk belakang driver (kebetulan feeder yang ane naiki konfigurasinya aneh gan.
Ini gan konfigurasi feedernya, Taip feeder beda2 konfigurasinya, kebetulan yang ane naiki, kiri 2 kanan 1 baris dari depan ke tengah.
Ini gan feeder yang menghubungkan 3 terminal Pulogebang-Pulogadung-Rawamangun. Feeder ini mayoritas sokongan Toyota Dyna 130 HT (basic chasis truck).
Ini tampilan eksterior feedernya gan. Tapi bukan ini yang ane naiki sama Ibnu. Kebetulan yang ane naiki ane lupa motret bagian luarnya.
Ini Trans Jakarta yang pakai bigbus (sokongan Mercedes Benz OH 1526). Melayani Trayek Terminal Terpadu Pulogebang-Terminal Kampung Melayu via Jatinegara. Nah untuk yang tengah malam pukul 00-05 melayani Terminal Terpadu Pulogebang-Harmoni via Pulogadung dengan sokongan armada Scania dan Trans Jakarta yang warna merah (beus lama).
Ini Metromini yang dari Pulogebang dengan Trayek Pulogebang-T.47-Senen.
Metromini dengan Trayek yang sama (Pulogebang-T.47-Senen) tetapi lokasi pengambilan foto di jalan Pemuda Rawamangun (depan pool A.N.S).
Okeyyyyy pukul 06.30 feeder diberangkatkan, menyusuri jalanan ibukota pinggiran, anehnya pagi itu gak macet sama sekali gan :D :D terus menyusuri hingga lewat depan terminal Rawamangun dan halte pemuda. Tapi ane tidak turun wong pengennya turun pas didalem terminal kog gan.
Pukul 07.05 masuk terminal Pulogadung. Terminal yang cukup bersensasi ini sekarang sepi karena cuma diisi beus kota, dan beus tujuan Cirebon-Kuningan-Luragung dan tujuan Merak. Tetapi disini ada kejadian tak mengenakkan, di Pulogebang ane udah bilang turun terminal Rawamangun malah diPulogadung suruh turun, yaudah aen dan Ibnu turun lalu keliling halte busway katanya cuma dilayani feeder kalau ke Rawamangun dari Pulogadung. Ane sempet dihampiri 3 calo, ane udah bilang mau naik TJ dibuntuti trus, akhirnya bilang Rawamangun langsung ane kabur menuju parkiran feeder tapi calo tersebut masih mengejar menawarkan kartu trans Jakarta (hebat kan Calo sekarang juga jualan kartu Trans Jakarta, wkwkwk), Ane kembali ke beus mas2 pramugara nya marah2 bilang "tadi tuh bilang mau turun terminal enggak diam aja, lain kali bilang jangan diam aja",, ane jawab "owhhh iya mas maaf lupa" (disini ane mbatin tadi kan pas di Pulogebang udah bilang, 2 x malah, tapi anenya yang terlalu pintar apa masnya yang terlalu pintar?? Pikiro dewe gan),,..
Salah satu beus kota khas Jakarta gan, yang biasanya kalau arus mudik juga dipakai untuk mengantar pemudik pulang kekampungnya masing-masing. Mayasari Bhakti 1011 R-507 Pulogadung-Tanah Abang via Cempaka Mas.
Suasana Pulogadung gan. Ane sih gak asing sama terminal ini. karena dulu sering kesini, bukan turing tapi perjalanan dinas, hehehe,.
Pukul 07.15 feeder kembali diberangkatkan menuju Pulogebang via terminal Rawamangun (masuk terminal Rawamangun). Terus menyusuri jalanan ibukota yang tumben enggak macet. Pukul 07.25 sampailah kami di terminal Rawamangun, terminal yang direhab menghabiskan biaya 12 M tetapi hasilnya cuma begitu saja.
Suasana terminal Rawamangun, terminal tipe B ini sekarang tidak boleh digunakan menaik-turunkan penumpang beus-beus dari Jateng-Jatim. Walau pembelian tiket masih dilayani disini tetapi nantinya Penumpang diantar shuttle ke Pulogebang.
Sambil sms an sama mbah Tomo yang katanya mau nyamper ke Rawamangun ane sama Ibnu pesan minum dulu, ngeteh ane gk berani ngopi kalau perjalanan jauh gan, hehe. Sambil nunggu master Bogor si Canda-canda ehhhh turun hujan. Si Ibnu pergi ke toilet, yaudah ane nungguin ransel ntar kan gantian. Ibnu kelar gantian ane. Nah pas ane ke Toilet emang agak lama (ngantri coy -_-) yaudah lamain sekalian abis dari toilet muter-muter terminal sambil liat loket-loket beus ke Jawa maupun ke Sumatera (anehnya diJakarta Jateng-Yogya-Jatim dianggap Jawa, nah mereka sebenarnya di pulau mana ?? Mungkin mereka menyebut Jawa dari sukunya?? Atau gimana ane gak taulah, orang Jawa pun kalau di Jakarta juga begitu (walau gk semuanya, wkwk). Soalnya mobil tujuan Jawa Barat kagak disebut beus ke Jawa).
Ane balik lagi ke warung ehhhh disana sudah ada bg Des (Despiandi) sama master Bogor master Habib Canda-canda. Ane berdiri lama trus ngobrol sama Ibnu master Habib belum tau siapa ane. Trus kenalan dah ane sama bg Des dan master Habib :D :D
Master Habib a.k.a master Canda-canda :D entah sibuk ngapain sama hp nya, hingga tak sadar ketika ane candid.wkwk.
Master Habib dan bg Despiandi (yg pake topi putih) masih belum nyadar juga ketika ane candid master yang satu ini :D :D wkwkwk,,..
Pukul 09.50 mbah Tomo sampai di Rawamangun. Dia nanya posisi ane, ane ada di warung dekat parkiran motor. Kemudian mbah Tomo datang. Ehhhh iya mbah Tomo ini kawan ane dari IBL korwil Jakarta. Kemudian ngobrol2 lah tentang banyak topik (tetep aja kebanyakan tentang beus). Ane pamit duluan mau keatas ngambil tiket A.N.S ke loket, pas kebetulan sekarang udah buka (tadi pas abis dari toilet masih tutup gan), ternyata uang ane tiket kurang Rp 50.000 yaudah lunasi ajah gan. Kata uni Novi ntar kalau ada A.N.S naik aja gapapa. Tarif A.N.S Rp 400.000 Jakarta-Sumbar. Lantas ane balik lagi ke warung. Tak lama ane di warung kemudian si Ibnu ngajak ke depan NPM yang akan membawanya ke Sumbar (pas waktu itu Simanis, diplesetkan sama dia jadi Simanis Canda-canda). Yaudah singkat cerita ngobrol sana sini, trus nanyain master Yogie dimana gk dateng2, dia chat ane bentar lagi nyampe katanya. Yaudah ane tungguin, bener gk lama master Yogie ini dateng. Tapi sebelum master Yogie dateng mas2 yang pake jaket abu2 ini dateng duluan (ane lupa namanya, wkwk).
Ini gan yang pake jaket kuning udah tau kan?? Master Bogor a.k.a Master Habib, master Yogie yang pake jaket biru tosca, dan mas siapa ane lupa namanya pake jaket abu2.
Si Ibnu udah naik ke dalam NPM "Simanis" yaudah setelah ngobrol bentar kita balik ke warung yang tadi, disana mbah Tomo nungguin juga. Akhirnya kita berempat (mas yang pake jaket abu2 gk ikut) ngobrol2 ya tentang beus juga gan terutama beus bumi Andalas lah gan hehe.
Setelah lama ngobrol-ngobrol akhirnya master Yogie sama master Habib ijin balik, yaudah gapapa. Makasih lhow master udah disamperin ke Rawamangun :D :D Tinggalah ane berdua sama mbah Tomo. Kebetulan A.N.S yang piket udah dateng. Kemudian ane dan mbah Tomo menuju tempat dekat A.N.S parkir. Ane nanya ke crew Bon Jovi "Bg ntar yang berangkat Bon Jovi apa yang dari Bandung??", kemudian dijawab "Beus yang dari Bandung ntar",,.. Owhh oke bg, kembali lagi ke tempat mbah Tomo nunggu. Yaudah lanjut ngobrol lagi sambil hunting beus-beus Ssumatera.
A.N.S yang piket kala itu si "Bon Jovi".
Ini salah satu inceran ane ALS 124 Medan-Jember. Body langka di ALS Legacok yang satu ini. Dan kelanjutan ALS 124 akan dibahas nanti di pool ALS sama bg Rsyadi. Yaaa walau waktu itu ada ALS body Max masuk Rawamangun ane cuma melongo aja -__-
Tarif nya ini gan :
- Putera Mulya : Rp 160.000,
- Feeder : Rp 3.500 (dibawah jam 07.00 masih Rp 2.000),
- Toilet Pulogebang ; GRATIS,
- Toilet Rawamangun : Rp 2.000
- Teh hangat : Rp 5.000
Bersambung ke Part II ya gan..........................................
Tidak ada komentar:
Posting Komentar