Nahhhhh gan gimana udah baca part V ?? Dan udah tau icon Bukittinggi gan?? Gimana masa ente gk tertarik pergi ke Bukittinggi sih?? Yakin gak mau kesana gan?? Rugilah ente gan kalau gak kesana, budget ada waktu ada tapi gak berani ke Sumatera?? Kelilingi aja terus Jawa kau itu gan, hahaha,. Maafkan ane gan kalau ane sering ngomporin ente, yaaa karena biar ente berani aja ke Sumatera, katanya udah gede masa kesana gak berani sih???? Wekawekaweka Cekaka,,..
ALS 106 Medan-Bukittinggi dengan kelas AC Ekonomi 2-2 (47 seat non toilet).
Nahhhhh perjalanan ke Medan ini ane agak bete gan didalam beus, karena apa bete gan ?? Nanti aja yah gan ane tulis dibagian isi,. Nahhhhh sebenernya ente kalau udah di Bukittinggi kagak mampir ke Medan nanggung banget gan, Medan udah deket dari Bukittinggi gan, maka sempatkanlah mampir Medan kalau udah sampai Bukittinggi, ingat pesan ane gan "Kalau punya budget banyak, waktu ada, dan ente udah gede Turing jangan ke Lampung aja trus balik Jawa lagi, sumpah itu nanggung banget",. Dan mungkin disetiap bagian ini selalu ada kompor yang semakin panas dan seakan-akan segera meledak,,..
Medan, apa sih yang ada dipikiran agan-agan kalau mendengar nama kota di Sumatera Utara tersebut gan ???? Yaudah itu pikiran agan-agan sendiri, beda dengan pikiran ane, owhhh iya gan di Medan ini pool/loket tiap P berdekatan lohhh jarak antar pool/loket sekitar 10 meteran,. Masih kenal kan gan dengan ALS ?? Yaaaa yang biasanya kalau bisser Jawa hunting ALS ini sedikit dikesampingkan atau dicuekin sadja, ALS ini pool pusat ada di Medan dan ada beberapa toke didalamnya, ente kalau hunting masih memperhatikan ALS pasti akan mencari tau apa itu toke, cincu, dan sebagainya. Tapi mayoritas ente kan kalau hunting gk ada gairah untuk mengabadikan ALS ini,. Yaaaa ane kalau sama ALS tertarik gan, apalagi saat masuk ke pool Sisingamangaraja, ente belum pernah ke pool ini gan ???? Gak tertarik apa buat mampir ke pool ALS ini gan?? Yaudah terserah agan-agan, kalau ane tetep minat dan tertarik sama yang namanya ALS gan,,..
Nahhhh udah tau kan partner ane di Medan siapa ?? Kalau ente baca cerita ane dari Part I pasti udah tau,. Bg Oky yaaa bg Oky ini partner ane dari Medan hingga Aceh nantinya, kebetulan bg Oky bisa bahasa Jawa jadi ane kagak capek ribet ngomong pake bahasa Indonesia mulu (wekawekaweka cekaka),,.. Udahhhh ya gan ente jangan kepooo lebih jauh tentang bg Oky :D :D
Di Medan ini banyak yang pengen ane temui, mulai dari Karel, Ikhsan, Ade, Rasyadi, nah ane udah hubungi, yang bisa dateng ke pool ALS cuma bg Rasyadi, ente kepoooo dia itu siapa ?? Udah gan kagak usah lah ente kepoo segala, ane kenal bg Rasyadi ini baru tanggal 19 Desember kemaren, tapi karena sama2 seneng sama ALS jadi agak nyambung deh, (curhat sitik yow gan) muehehehe. Nahhhhh bg Rasyadi ini yang bantuin nyariin jadwal ALS dari Medan jadi dari Bukittinggi tinggal ngitung aja gan (kalau ane sih udah paham gan, ente belum paham?? Sini konsultasi sama om, ehhhhh kalau mau tau temui ane aja, ane gak bakalan ceritain disini lohhhh). Nanti edisi di pool ALS Sisingamangaraja (pool pusat) ane ceritain dibawah gan, mulai dari toke A-Z (ane cuma tau beberapa aja sih gan, muehehehe).
Medan yaaaa ibu kota provinsi Sumatera Utara ini beda dengan ibu kota provinsi lain di Sumatera apalagi di Jawa gan (nanti ente tau sendiri kalau udah ke Medan, kalau belum dan gak pengen kesana yaa IDL gan, muehehehehe),,.. Ente udah gede budget ada punya waktu juga masa kagak berani ke Medan gan ?? Hanya keliling-keliling Jawa sadja ?? Kagak bosen gan?? Yaudah kalau kagak bosen dan ente sampe nikah dan punya anak kagak pernah ke Medan kagak bisa cerita ama anak dan cucu ente ntar,,.. Ceritain aja pengalaman ente kepada anak cucu ente bahwa dulu ente keliling Jawa ribuan kali tapi kagak pernah ke Medan :P :P
Dan dibagian ini ane akan mulai membahas sistem bagasi yang diterapkan oleh beus-beus Sumatera dan tidak diterapkan oleh beus-beus Jawa dengan segudang fasilitas yang wahhh, dapat makan gratis (bahkan prasmanan), beus banter-banter (banter karena jalan lebar dan ada tol serta sikon jalan lurus tikungan tidak begitu tajam), dan dengan sokongan chasis & mesin yang biasa sadja tapi harga tiketnya tarif "pizza" ya ?????,,.....
Udah aja yaaa gan kompor ane, ane udah tau ente kalau dikompori ada yang iri ada yang langsung pengen kesana tapi nabung dulu dan ada yang lain-lain, bahkan ane udah tau ente pun malas kan baca bagian ini ?? Yaaa karena isinya cuma kompor, kompor, dan kompor sadja, ane sebenarnya juga males nulis bagian ini gan, huffttt,,,...
Bersambung ke part VI aja gan......................
Part VI
Hari pertama (Sabtu, 22 Januari 2017)
Tadi sampai mana gan ane udah lupa nih karena keseringan ngomporin ente, haha,,.. Owhhh iya tadi ane kelar hunting karena beus udah mau berangkat ???? Iyaa waktu itu ane kan masuk kedalam nyoba naruh ransel ane dibawah jok, tapi malah nanti membuat ane kagak nyaman walau ada sisa tempat, Ibnu nyaranin suruh naruh bagasi aja katanya aman, lantas ane bilang, yakin aman dan kagak ketuker dengan paket yang segitu banyaknya ???? Ibnu menjawab, yakin ntar dikasih tanda kog santai aja,. Yaudah ane nurut aja sama saran Ibnu (padahal sebelum naik Cincu 106 udah bilang tas gk taroh bagasi aja bang??,, Ane jawab nanti aja bang),. Tetapi pas crew menaikkan paket ke atas atap ane sempetin dulu gan buat foto-foto interiornya, yaa siapa tau aja nanti agan-agan yang baca tulisan ane yang masih amatiran ini tau gimana sih fasilitas AC Ekonomi yang diberikan ALS ini, siapa tau juga tertarik untuk naik kan gan ?? Yaaa kan gan tertarik naik ALS AC Ekonomi dari Bukit ke Medan???? Kalau tertarik nabung dulu gan, hehe,,..
Ini interior difoto dari bagian paling depan (samping bangku driver), walau AC Ekonomi ada fasilitas Bantal & Selimut.
Nihhhh gan posisi seat ALS 106 paling depan sebelah kanan (belakang driver).
Kaya gini aja jadi kelas AC Ekonomi gan udah plus bantal dan selimut pula, kalau di Jawa ?? Jadi Patas tanpa bantal dan selimut serta dengan tarif "pizza"nya.
Jarak antar seatnya gan, foto diambil diseat baris kedua sebelah kanan (5-6), di Jawa ini sekelas Patas Jogja-Semarang jarak seatnya.
Nihhh gan penampakan bagian ruang kemudi,.
Nahhhh ane tau gan, sebenarnya ente nungguin bagian sistem bagasi yang diterapkan oleh beus-beus Sumatera kan ???? Okeyyyyy dah bentar lagi ane bahas yaaa, yang sabar aja gan,. Nahhh pas ane bilang ke cincunya mau letakkan tas, dia kasih 2 kertas tebel yang ada nomer seri (dua kartu nomer serinya sama), satu di staples ke karcis satu lagi ada talinya diikatkan ke ransel ane, jadi kemungkinan hilang atau tertukar 0 gan, soalnya pas ane mau ambil barang suruh nunjukkin tiket yang ada staplesan kertas bernomor seri tadi,.
Nahhh ini dia gan penampakannya, yang ada talinya ditalikan ke tas, yang satunya distaples ke tiket (itu bawahnya tiket ane gan), bagaimana sudah paham dengan sistem bagasi yang diterapkan oleh beus-beus Sumatera sana ????
Waktu itu pas crew ALS 106 kerja keras naikkan paketan karung gede2 ane cuma nonton gan, gimana ribetnya naikkan itu paket (mungkin crew ALS udah biasa ya), nahhhh cuma ALS kan body Jetbus yang atapnya dinaiki paket berkarung2?? Tapi itu menjadi sensasi sendiri ketika agan-agan nanti melewati Lintas Barat dengan paket yang menggunung,. Kelar naikkan paket atas, giliran bagasi kanan kiri dipenuhi gan (karena ane turun Pool Medan jadi ditaruh diatas sasis, bagasi penuh dengan paketan karung),. Dan ente kagak perlu kaget gan, di terminal ini malah lebih banyak paketnya dari pada penumpangnya, hampir semua angkutan begitu gan kecuali engkel,. Setelah semua beres mesin dinyalain penumpang udah pada naik trus dicek ama pak loket Aur Kuning,. Setelah lengkap bg Rahmat (driver 106) naik dan beus dikemudikan oleh Cincunya hingga Pool Bukittinggi (ane lupa nama poolnya pokoknya jl Soekarno Hatta),
Nahhhh pas penumpang udah naik udah dicek Putra Inhil ini masuk, yaudah ane langsung keluarin hp saat 106 mulai jalan dan hasilnya ya begini lah gan. beus Sumatera memang menggoda,
Pukul 12.13 ALS 106 mulai jalan meninggalkan parkiran terminal Aur Kuning tetapi karena padatnya area terminal jadi pukul 13.16 beus ini baru bisa keluar dari terminal menyusuri jalan bawah fly over Bukittinggi. Sambil menyusuri padatnya jalanan lagu dan tipi tetap nyala tapi beda dengan lagu yang ada di A.N.S Sibungsu waktu itu yang ane naiki gan, kalau A.N.S lagunya lagu Minang (ane paham sedikit lah artinya, dan ada pop nya juga jadi agak sedikit terhibur) sedangkan ALS ini lagunya lagu batak ama lagu kek gituan (ane gk tau namanya) pokoknya bikin bete gan, udah gitu kaki ane gk bisa leluasa bergerak karena barang bawaan emak2 samping ane malah dikasih dibawah kaki ane -__- (yaaaa kali ini harus tersiksa sampai Siantar),.
Pukul 12.30 beus ini masuk ke pool yang ada di jalan Sokearno-Hatta,. Untuk naikkan paket dan penumpang bangku 1-8 dan bangku belakang2 ane, dan apa yang ente tau gan mayoritas penumpangnya emak masih agak muda bawa bayi dan balita gan (tau kan penumpang balita kayak apa??),. Yaudah siap2 aja ane menahan semuanya sampai Medan,. Dan ada kejadian yang bikin ane jengkel setengah idup gan, pas crew turun untuk naikkan paket kan mesin dimatiin otomatis AC kan mati gan, ane mau turun ama penumpang sebelah ane gk boleh -__- Padahal didalem sumpek karena panas gan, padahal ane udah bilang "bg permisi bentar ane mau turun" ehhhh malah abang ini diem aja kyak budeg dan lanjut tidur (gila budeg beneran mampus lo, batin gw saat itu gitu gan). Yaudah ane nyalain hp dah sambil dicas di power bank ane, ada chat masuk dari bg Arief (adik bg Rahmat) katanya suruh motoin bg Rahmat (nahhh waktu itu dari Aur Kuning hingga pool yang bawa beus Cincunya gan ane gk liat bg Rahmat karena dia ada dibelakang), yaudah karena mau turun kagak bisa (mau nyapa bg Rahmat gan) ane foto aja dari dalam beus -__-
Bg Rahmat (driver ALS 106) yg pake kemeja putih celana jeans itu gan,. Maaf driver 2, cincu serta kernetnya lupa ane foto (ente kagak tau apa itu cincu gan?? Pergilah kau ke Medan jangan kau kelilingi Jawa kau aja itu).
Gila, gila, ane mau turun aja kagak bisa gan, padahal didalem udah sumpek gan dan ada ALS ke Surabaya (kalau gk salah) yang masuk ane mau hunting juga kagak bisa yaudah maenan hp aja sambil bales chat dan bbm yang masuk,. Sampai-sampai ane kagak nyadar ada ALS 94 (1836 AC Ekonomi Padang-Medan gan, nahhh cuma ALS kan yang 1836 dibuat AC Ekonomi??) yang masuk, yaudah ane keluarin kamera biar bisa motret yaa walau apa adanya hasilnya gan,.
Nohhhh gan penampakan ALS 94 MBOH 1836 yang cuma kelas AC Ekonomi 2-2 (49 seat).
Pukul 13.18 ALS 106 diberangkatkan kembali dengan membawa banyak paket diatas maupun dibawah serta penumpang separo lebih sabtu itu gan, tetapi duluan 94 nya yang berangkat menuju Padang gan,. Akhirnya cuma mbuntut aja dibelakang 94, sampai perempatan dan kami beda arah serta belok gan,.
Nohhhh gan penampakan bokong ALS 94. 1836 AC Ekonomi 2-2 (non toilet),,..
Sampai perempatan beus belok kanan arah ke Agam-Pasaman, yang bawa kali ini bg Rahmat, cincunya masih dibangku kernet dan bg kernet duduk dibelakang, nahhhh jalanan disini mirip jalanan di Jawa didaerah Probolinggo-Lumajang gan,. Beus dipacu banter tapi alus gan sama bg Rahmat, dan udah mulai masuk Agam jalanan disini menantang gan khas Linbar (cobain gan udah jauh2 ke Sumatera gk nyoba Linbar rugilah hidup ente!!!),,,..
Pukul 13.30 udah masuk Simpang Gadut Agam gan, dan berhenti sebentar setelah persimpangan itu didepan toko oleh2 Sanjai Sari untuk menaikkan 2 penumpang (didepan toko ini ada loket ALS gan),,.. Disini berhenti sekitar 5 menitan gan gak lama langsung gassss lagi gan,.....
Sempet ane potret gan toko oleh2nya di Gadut KM 5 :D
Pukul 13.39 melintas depan Taman Cendekia, Agam gan disini jalannya mulai kecil tikungan tajam-tajam apalagi irung petruk banyak gan gak keitung jumlahnya, jalan disini sempit mau simpangan beus sama truck aja harus nyari tempat yang lebar udah gitu kanan tebing kiri jurang ranting pohong banyak yang menghalan kena dah itu,. Pokoknya kalau masih di Agam seru sih gan walau gk ada lawan dijalan baik itu truck apalagi beus gk ada gan,.
Pukul 13.45 udah masuk daerah Palupuh, Agam gan (tau kan apa Palupuh itu???? Yaaa kalau ente nyimak postingan orang Sumbar pasti tau daerah Palupuh gan). Lewat Palupuh ini agak lama gan bahkan lama banget, jalannya sama aja tikungan tanjakan kiri jurang kanan tebing dan daerah rawan longsor gan, pas ane melintas juga masih ada bekas longsoran yang agak baru (kebayang kan gimana kalau ente lewat sini pas depan anda tiba2 longsor?? Bayangin sendiri deh gan, ane ogah, dan waktu itu terus berdoa agar sampai Kotanopan kagak ada longsor-longsoran),,..
Pukul 14.03 lewat daerah yang pernah terjadi longsor parah (masih daerah Palupuh juga gan) itu tuh yang spotnya menarik (master Robby ada fotonya gan, minta aja sama dia kalau pengen tau, ane sih udah sering liat postingan bebebrapa orang dibekas longsoran ini), dan ane bete gan udah lagunya gitu-gitu aja bikin bete (kalau lagu Minang kaya pas naik A.N.S gak masalah gan ane masih paham artinya karena dulu juga selain belajar bahasa Minang ane juga dengerin lagu-lagu khas Minang, curhat sitik gan),. Daerah sini juga sepi rumah penduduk gan jaraknya jauh-jauh pula antar kampung gan, apalagi jaringan internet kagak ada gan (kalau buat telp/sms masih bisa) karena ane udah nyalain hp yang gede kagak ada jaringan sama sekali dua kartu paket ane gan, yaudah tewasin lagi aja hp nya (hemat baterai gan),.
Pukul 14.43 udah masuk daerah Pasaman gan, nahhh kalau gak salah Pasaman ini kabupaten terakhir diSumbar, selanjutnya sudah masuk Sumatera Utara dengan kabupaten yang pertama Mandailing Natal (sering disebut Madina gan). Nahhhh akan tetapi Pasaman ini luas gan, kalau di Jawa ya mirip ente lewat Kabupaten Grobogan/Wonogiri lah dengan beberapa Kecamatan yang dilintasi jalan utama ini. Dan ane gak tau gan pertama masuk Pasaman ini kecamatannya apa (kalau gak salah kecamatan Limo Koto gan), soalnya di gerbang selamat datang cuma tertulis "Selamat Datang Di Pasaman". Nahhhh di Pasaman ini gan view nya bagus, sebelah kanan gunung tapi ada rumah-rumah warga. Jalannya sih gak lebar-lebar amat (menurut ane) lurus dan cenderung jarang tikungan tajam (mungkin di kotanya kali).
Pukul 14.47 masuk kecamatan Bonjol gan, entah kenapa dinamain Bonjol ane juga kagak tau (kalau agan-agan tau bolehlah bagi sejarahnya gan, hehe),. Tapi kayaknya karena Tuanku Omam Bonjol itu berasal dari daerah sini gan, makanya dinamai kecamatan Bonjol. Masih sama kontur jalan cenderung lurus dan tanpa tikungan tajam. Nahhhhh mulai dikecamatan Bonjol hingga Rao ini 106 sering berhenti (kagak usah kepooo napa sering berhenti, ente cobain saja sendiri gan, masa kagak mau nyoba Lintas Barat yang yahuddddd aduhai gan?? muehehehe).
Ini gan penampakan gerbangnya (maaf ane ngambil dari http://www.weltrekordreise.ch/bilder%20id/488-P1020252.jpg, bagi yang punya fotonya maaf ane minta).
Pukul 15.03 masuk daerah Lubuk Sikaping gan, masih di kabupaten Pasaman dan ini belum masuk setengah dari panjangnya kabupaten Pasaman lohhh gan. Masih didaerah Lubuk Sikaping gan pukul 15.20 berhenti di jalan Adam Malik (kalau gak salah) entah ngapain yang pasti penumpang kalau mau ke toilet monggo mau beli makanan ringan ya monggo. Ane kagak turun gan milih tidur tapi kagak bisa tidurrr gan. Ane juga bete gan, udah lagunya itu2 aja ngebosenin (kalau lagu batak tak masalah, ini lagu apa kajol juntrungannya). Yaudah nikmatin aja gan sambil minum aqua gede. Pukul 15.35 106 kembali diberangkatkan gan, owhhhh iya gan cuaca sore itu cerah banget gan sehingga disebelah kanan yang viewnya pegunungan kelihatan banget bekas-bekas longsoran dihutan walau jaraknya jauh.
Sekitar pukul 16.05 lah gan udah masuk kecamatan Panti, masih Pasaman juga dan lagi-lagi ngebosenin dah gan kalau gk duduk depan, waktu itu sebenarnya ane mau duduk samping sopir (walau gk ada alasnya) tapi karena sistem beus Sumatera kyak gini jadi ane takut mengganggu mereka-mereka gan (udah gak usah kepooo gan, ente cobain aja sendiri ntar ketemu jawabannya, lagian ane juga gak mau nulis disini). Entah dah masuk kecamatan Padang Gelugur jam berapa ane gak tau, karena ane cuma ngeliatin pinggir kanan jalan yang banyak jualan gorengan (ane pengen makan gorengan, sayang kagak berhenti gan, wkwk). Yaudah ane mau tidur juga kagak bisa terima aja dah gan dan nikmati aja, karena ini juga nantinya jadi pengalaman buat ane, dan kalau keliling Andalas lagi sudah tau rasanya dan akan saya persiapkan sebaik mungkin (TeDeeS 2017 ane anggap tester gan).
Ane gak tau pukul berapa masuk Rao Selatan (Rao ini kecamatan yang berbatasan dengan Madina tetapi ada 2 Rao, yakni Rao Selatan dan Rao Utara). Yang pasti daerah Rao ini udah berbeda dengan daerah2 yang dilalui sebelumnya, dan 106 pun saling salip menyalip dengan beus 3/4 Rao-Bukittinggi yang sarat akan penumpang dan paket baik didalam maupun diatap beus. Pokoknya masuk Rao Utara view dan jalannya ngeri-ngeri sedap gan (cobain gan jangan kau kelilingi Jawa kau itu, kagak bosen kau keliling Jawa?? Ane aja bosen gan, wkwk). Kontur jalan mulai menyempit kanan sungai besar kiri tebing yang mudah longsor dan banyak ranting pohon yang menyulitkan jika diatap beus banyak paket barang. Owhhhhh iya gan sebenarnya ya jalur di sepanjang Agam-Pasaman Sumbar ini bahkan hingga Tarutung Sumut kayaknya memang jalan rawan longsor serta pohon tumbang, tapi ini lah gan sensasinya, ngeri-ngeri sedap pokoknya gan.
Dan pukul 17.05 sampailah 106 ini di RM Pondok Pudung Indah Kotanopan (ingat tiap toke RM yang disinggahi beda2 gan). Nahhhh tetep aja ane turun paling akhir (seneng aja turun paling akhir, beda kalau pas naik Patas Sem-Yog turun harus duluan). Nahhhh pas ane turun ane udah jalan tiba-tiba ada yang manggil nama ane (ane mbatin gan, helah sopo sing nyeluk aku, lha wong sak beus wae raenek sing kenal, opo maneh wong kene). Ane nengok ehhhh ternyata si Basello yang manggil ane. Yaudah ngobrol bentar lalu ane ngacirrr ke toilet (udah kagak kuat gan pengen setoran, wekawekaweka cekaka). Abis dari toilet ane mau nyari bakul gorengan disekitar tempat ini tapi hasilnya nihil gan (padahal ane pengen beut makan gorengan gan). Yowes ngalah wae gan, ane nyamperin si Basello ke warung samping RM buat makan (makan pop mie aja (padahal tempat pop mie itu kalau kena air panas enggak baik buat kesehatan tubuh gan) karena ane kagak tertarik buat makan di RM ini (wes rasah kepooo ngopo aku rak tertarik) gan). Yaudah ngobrol ngalor ngidul hingga tempat mulai gelap (jangan disamain kek di Jawa, gelap terang beda jamnya gan, makanya cobain bumi Andalas jangan keliling Jawa mulu). Yaudah abis bayar ane beli Tango buat ngemil didalem beus (ceritanya begitu tapi faktanya beda).
Sempet poto bareng gan (kenapa ane pake masker?? wes rasah kepooo kowe) :P
106 di RM Pondok Pudung Indah dan ini pukul 18.45 lohhh gan, masih terang kan?? Ditempat ente udah gelap gulita ane yakin :P
Yang pake baju merah itu kernet 106 gan.
Pukul 19.00 lah 106 kembali diberangkatkan tapi yang bawa bukan bg Rahmat (mungkin Cincunya yang bawa). Nahhhh ane tadi juga kagak sadar gan udah masuk Kotanopan, Madina, Sumatera Utara, lha gerbang perbatasan aja kagak ada gan,. Yowesss udah masuk Sumut kan?? Tapi Medan masih besok pagi jelang siang sampainya gan. Nahhhhh Kotanopan ini sebenarnya ALS nya bagus-bagus gan, kenapa tidak yaaa karena ada 1526 Non AC trus ada 1526 AC body Skyliner juga. Selepas RM maju dikit ehhhhh kress ama kembaran 106 gan yakni ALS 33 a.k.a "Prasangka" (Medan-Padang Sidimpuan-Bogor). Yaudah berhenti saling ngobrol dan ngasih info kedua pengemudi beus ini. Lanjut jalan lagi mengarungi jalanan Kotanopan, lewat depan pasar Kotanopan ane juga kagak tau jam berapa gan. Nahhhhh pas udah deket tempat si Basello ini ada pohon karet yang baru saja tumbang dan menutup setengah badan jalan (ini salah satu sensasi Linbar gan). Pas tikungan irung petruk itulah si Basello turun, ane juga kagak tau daerah itu udah masuk Panyabungan apa belom, yang pasti masih didaerah Madina. Nahhhhh terus berjalan sampai masuk daerah yang khusus sekolah (pesantren) dan disono pencari telolet juga banyak (karena 106 kagak pake telolet ya kagak dibunyiin dah gan).
Owhhhhh iya gan kalau ALS Jemberan ini masuk Madina tapi nanti dia belok ke arah Sibuhuan mungkin lewat Ujung Batu hingga tembus Pekanbaru dan terus menyusuri Lintas Timur (kalau gak salah). Beda dengan Malangan yang dia awalnya lewat Lintim hingga Pekanbaru lantas dia belok masuk Kiliranjao lalu lewat Lintas Tengah gan. Ane juga Madina belom habis udah menikmati tidur ane gan zzzzzzzzzzzzzzzzzz. Jadi ane kagak tau masuk PSP (Padang Sidimpuan) jam berapa, nahhhhh PSP ini dijam2 tertentu memang banyak sewa ke Jakarta gan, owhhhh iya kalau ALS yang dari Padang juga via Pasaman nanti dia masuk PSP belok arah ke Gunungtua, dia lewat Gunungtua tembus Rantau Prapat kyaknya gan. Ane selama tidur kagak tau gan lewat daerah kecamatan apa saja. Pas ane tidur ane taunya udah masuk Tarutung dan nanti di Siborong-borong berhenti di RM lagi (tapi yang ane inget cuma berhenti di SPBU sama pinggir jalan entah daerah mana itu pun yang ane tau daerah Tiga Balata bentar lagi masuk Siantar setelah melewati perkebunan karet & sawit. Ane ingetnya pas tidur ada macet panjang dan ane bangun karena kagak bisa tidur (was-was kalau sampe Medan bisa sore tamat dah bisa2 kagak jadi ke Aceh, dan apa yang terjadi gan?? Ada 2 pohon gede tumbang menghalangi jalan gan, pas lewat juga baru dipotong sebagian sama maayarakat sekitar, dan ada longsor juga tapi ane lupa didaerah mana gan. Nahhhhh pas tengah malam kan gan kyaknya pas lewat Toba atau mana ane gatau jalannya sempit banget gan dan kyaknya kalau buat kresss 2 beus gak muat dah, ane gak tidur selama setengah jam dan lupa kagak liat jam gan, yaudah tidurrr lagi zzzzzzzzzzzzzzzzzz bangun2 udah didaerah Tiga Balata udah jam 05.00 waktu itu. Nahhhh didepan 106 ada ALS juga kalau gak salah sih Patas Padang gan. Ane kagak turun gan males lanjut tidurrrrr dan bangu lagi pas masukbagian kota Tiga Balata, dan emak2 samping ane yang kalau tidur makan tempat persiapan mau turun, ane mbatin gan "Alhamdulillah mudun e kono lek ngebak2i nggon tok". Yaudah ane pake aja 2 seat pagi itu dari Siantar hingga Medan (lumayan gan lumayan).
Hari kedua (Minggu 23 Januari 2017)
Pukul 06.30 masuk loket ALS Siantar gan, nah di Siantar ini PMS berasal karena kan dia Persatuan Motor Siantar jadi dia asalnya dari Siantar ini. Setelah penumpang dan paket turun 106 jalan lai nahhhh dari daerah Tiga Balata udah bg Rahmat yang bawa 106 (entah tukeran driver dimana ane juga gak tau gan). Ane nyalain hp dan nanya sono sini ternyata Toba udah kelewat gan (yowes rapopo gan, besok kan bisa diulang). Sebenarnya ane pengen pindah depan lagi-lagi karena nanti mengganggu jadi kagak jadi, yaudah ane makan Tango yang ane beli di Kotanopan aja buat ngganjal perut, dan view disini cuma perkebunan karet & sawit tapi menarik gan udah jalannya mulus lus sepi dan kagak kyak perkebunan didaerah Sumsel sana. Jadi pagi itu ane kagak bete dah didalem beus. Ane bbm bg Oky gk lama dia bales, bla bla bla (ente kagak perlu tau isi bbm ane dan bg Oky gan), kelar ane tewasin hp gan, nahhhh ada yang janggal kog pesan yang simpen di hp kecil pas ane cek dirumah kagak ada?? Ilang kemana?? Masih kepikiran ane. Pas di Siantar ini sebenarnya banyak objek yang harusnya ane abadikan tapi ane males gan :P itu PMS menggoda banget gan untuk difoto karena udah terkanjur males yaudah gajadi, wekawekaweka cekaka.
Masuk Tebing Tinggi pukul 06.50, di sini ane ingat sama si Munadi Rizal (wes rasah kepoooo neh gan, mungkin bg Oky dan kaji Rumod ehhhh Kaji Murod tau). Karena setau ane kampungnya dia ya di Tebing Tinggi ini gan. Masih sama gan di Tebing Tinggi ini juga banyak perkebunan kyak di Siantar tadi bedanya disini lebih banyak Sawitnya dari pada Karetnya gan. Dan disini ada rel KA yang membelah perkebunan juga (mung KA dari Medan gan). Masuk Dolok Merawan ane lupa, dan masuk Serdang Bedagai ane juga udah lupa gan. Dan masuk Deli Serdang (kotanya bg Oky gan) ane lupa dah gan, lewat perempatan Lubuk Pakam ane lupa pokoknya disini ada 4 penumpang turun. Nurunin penumpang plus barangnya lanjut jalan lagi. Gak lama masuk Tol (ane gak tau gan ini Tol apa :P) Ehhhhh pas keluar tol mau naik fly over sebenernya ada 1 penumpang mau turun tapi kagak jadi (mungkin takut soalnya disitu ada premannya gan).
Pukul 08.45 masuk pool pusat ALS (pool Sisingamangaraja), nahhhh disini lah semua paket/penumpang naik turun, tapi yaaa beus yang ada toke nya beda-beda gan. Ane disini turun duluan (biasanya kalau turun terakhir, wkwk). Langsung ambil ransel dan nyari tempat duduk yang tempat pengambilan paket). Nyalain hp dan poto-poto buat update posisi gan (biar yang mau ketemu ane gampang nyarinya, wkwkwk :P).
Suasana pool ALS bagian tengah gan (bagian bongkar penumpang dan paket gan, dan pool bagian ini 24 jam gan). Ente apa kagak pengen maen ke pool beus dengan Trayek terjauh ini gan ?? Yaaaa itu sih terserah ente aja, kalau ane pengen kesini lagi gan bahkan tiap hari aja mau, karena ane termasuk ngefans sama perusahaan ini gan, muehehehe, tapi kan sayang ane rumahnya di Jawa gan di Kendal sono, ya nanti aja kalau ada rejeki kesini lagi semoga bg Rasyadi masih di Medan, kagak merantau, hehe.
Pukul 09.13 ada chat dari bg Rasyadi nanyain posisi ane dimana, dan bla bla bla (ente kagak usah kepooo gan, gak baik lohhhhh ngepoin chat orang). Yaudah pukul 10.45 bg Rasyadi datang gan kenalan didunia nyata lantas ngobrol-ngobrol tentang ALS mulai dari A-Z gan (Alhamdulillah dapet ilmu lagi gan tentang ALS, makasih bg Rasyadi udah mau berbagi ilmu kepada ane). Yaudah abis itu bg Rasyadi ngajak ane ke parkiran beus dibagian belakang gan, behhhhh ane senengnya bukan maen gan waktu itu, hehe,. Dan bg Rasyadi nyuruh ane hunting sepuasnya mumpung lagi disono yaudah sambil hunting sambil dengerin cerita bg Rasyadi ttg ALS yang sangat bermanfaat.
Ini salah satu yang ane cari gan, karena ALS ini kagak bisa ditemui ditempat ente tinggal :P (hanya ada di Sumatera Utara bagian Medan/Binjai gan). ALS Pemadu Moda gan.
Pasukan pejuang lintas yang sudah pensiun gan. Dan kemungkinan ini tokenya juga beda2.
ALS 124 Medan-Sibuhuan-Jember yang pernah ane bahas di Part I, udah baca part I ?? Kalau belum dan ente berkenan baca lah gan, kalau bisa semua part, hehe. Nahhhh ALS 124 pas ane ke pool ketemu sama toke nya (kalau gk salah namanya H. Afwan Nasution).
Ente masih ingat gan dengan Ius Pane yang pernah naik ALS itu?? Kalau gak tau ya resiko ente itu mah. Nahhhh ALS 333 Nagogo ini lah yang membawa Ius Pane dari Bogor hingga Medan pool ALS ini, waktu itu mendadak driver dan ALS 333 ini menjadi artis di tipi gan. Masa sih gak tau Ius Pane?? Yawes googling wae kono gan, hehe.
Ini dia gan ALS 106 yang mengantar ane dari Bukittinggi hingga Medan via Danau Toba. Hebattt kan dengan jalur ekstrem yang dilaluinya tapi sepion pacul yang mahal masih utuh keduanya??
Dan abis keliling kami balik lagi ketempat ane duduk tadi. Sambil nungguin bg Oky datang ya kami cerita-cerita lagi tetep aja gan mengenai ALS ini. Dan memang luar biasa ALS ini (udahhh ente gak usah kepoo, ane kagak bakal nyeritain kog, kalau mau tau ya ke Medan aja sono ke pool ALS nyari tau sendiri). Gak lama cek hp ada bbm masuk dari bg Oky katanya udah didepan, yaudah ane suruh dia ke belakang, akhirnya kita kenalan didunia nyata gan (biasanya dunia bbm aja kan wkwk). Ngobrol bentar lalu bg Rasyadi pamitan, yaudah gak lama kami cabut ke tempat bg Oky. Dan dijalan bareng sama beus gunung. Ane kagak sempet nyobain beus gunung ini gan karena sesuatu hal, ntar TeDeeS 2018 ane pasti nyobain kog, muehehehe, mau ikut?? Tapi ane lebih suka single turing tuh gan, gimana coba?? Singkat cerita ane nyuruh bg Oky kalau ada ATM Mandiri (ATM ane dari Bank Mandiri gan) berhenti tapi hasilnya nihil gan (susah kali nyari ATM Mandiri disini, tapi kalau udah ketemu satu pasti gampang dan berjejer2 sampe ujung sono). Karena kagak nemu yaudah cabut aja ketempat bg Oky. Singkat cerita kan sampai tempat bg Oky gan,,..
Bersambung ke Part VII gan....................
Tarif :
- Tiket ALS 106 : Rp 180.000
- Toilet RM Pondok Pudung Indah : Rp 2.000
- Pop Mie : Rp 7.000
- Teh Hangat : Rp 5.000
- Tango Rp 13.000
Tidak ada komentar:
Posting Komentar